Searching...
Home → Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Maret 23, 2013

Timbulnya jerawat di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keturunan, kejiwaan (stres emosional), makanan, lingkungan, alergi, perawatan yang salah, buang air besar tidak teratur dan lain-lain. Perlu diketahui, setiap peradangan berpotensi untuk meninggalkan bekas. Oleh sebab itu, kerawat yang sedang memerah dan meradang jangan sekali-sekali di pencet. Sebab itu menyebabkan bekas hitam, bahkan berlubang, yang sulit sekali menghilangkan bekas jerawat hitamnya.

Kalau menderita jerawat batu yang tidak ada matanya, sebaiknya datanglah ke dokter kulit. Biasanya akan diberikan suntukan kortikosteroid ke dalam jerawat. Biasanya dalam 2-3 hari akan sembuh tanpa meninggalkan bekas. Kalau sudah terlanjur menghitam dan tidak meradang lagi, bisa coba dibersihkan dengan memakai masker/lulur seminggu, sesekali disertai dengan membersihkan wajah yang teratur setiap hari. Tetapi harus tetap sabar karena perubahan baru terlihat setelah 3-6 bulan.

Kadang jika jerawat sudah hilang namun bekas jerawat hitamnya masih membayang. Ketika jerawat kecil pecah dengan sendirinya, jerawat itu cenderung akan meninggalkan bekas, dalam bentuk noda abu-abu gelap atau cokelat. Hiperpigmentasi ini dapat hilang dalam hitungan hari atau minggu. Namun bisa juga bertahan untuk waktu yang lama, tergantung pada jenus atau warna kulit anda. Bekas jerawat dikulit yang berwarna lebih gelap yang dimiliki keturunan Asia, Latin, India atau Afrika misalnya nbiasanya membutuhkan waktu paling lama untuk menghilangkan bekas itu. Dan pergi keluar tanoa tabir surya ketika bekas itu dalam masa penyembuhan dapat membuat waktu penungguan akan lebih lama lagi.
Bekas jerawat biasanya akan meninggalkan bekas berupa cekungan atau bopeng di wajah. Sangat menjengkelkan memang. Wajah akan terlihat kasar.Mengatasi bekas jerawat yang sudah terlanjur melekat diwajah memang gampang-gampang susah.
Bopeng yang belum terlalu dalam menembus kulit dapat diatasi dengan melakukan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan scrub seminggu dua kali. Jika ini dilakukan secara rutin, kulit akan menjadi lebih sehat dan mulus. Yang perlu diingat, untuk menghilangkan bekas jerawat hitam dan bopeng jangan melakukan scrub saat wajah sedang berjerawat dan meradang kareba akan menyebabkan iritasi dan memperluas peradangan.

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat

Noda hitam bekas jerawat di wajah anda memang akan mengganggu penampilan, sehingga sering menjengkelkan dan bikin uring-uringan. Cobalah hilangkan dengan memanfaatkan daun nangka. Caranya adalah ambil 10 helai daun nangka yang berwarna cokelat. Remaslah dengan sedikit air, sampai daun halus. Oleskan air remasan itu ke wajah dan biarkan sampai kering. Lalu, bersihkan wajah dengan air hangat.
Daun Nangka
Putih Telur
Selain dengan daun nangka, menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan putih telur. Putih telur dapat dimanfaatkan untuk masker kulit wajah yang dapat berkhasiat memperkecil pori-pori kulit, menghilangkan kelebihan minyak dan juga dapat menghilangkan noda-noda jerawat pada wajah.
Untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan telur ayam kampung. Ambil putihnya saja dan kocok sampai mengembang. Setelah itu dapat anda tambahkan perasan jeruk lemon, tetapi boleh juga tidak. Oleskan adonan ini s ecara merata pada wajah. Biarkan cairan putih telur itu menjadi kering selama 20-25 menit. Baru kemudian di cuci  dengan air hangat suam-suam kuku. Adonan ini jangan sampai terlalu sering digunakan. Untu wanita dewasa cukup sekali seminggu dan dua kali sekali untuk remaja.

Masker Untuk Perawatan Wajah

1. Perawatan wajah dengan daun seledri, buah apel dan buah mentimun
Bagi Anda yang ingin perawatan kulit agar tampak halus dan mulus, terutama kulit bagian wajah/muka, maka ada beberapa cara yang bisa digunakan. Untuk kulit berminyak bisa menggunakan daun seledri. Caranya, ambil daun seledri secukupnya kemudian iris kecil-kecil lalu masukkan dalam mangkuk yang berisi air panas dan biarkan sampai 20 menit lamanya. Simpan dalam lemari es dan gunakan pada malam hari untuk dioloes-oleskan pada muka. Setelah kering kemudian dibersihkan.
Untuk kulit kering, bisa menggunakan buah apel, caranya buah apel diiris lembut, lalu airnya digosokkan pada kulit muka dan biarkan sampai mengering setelah itu bersihkan dengan air dingin. Sedang dengan bauh mentimun, caranya sama. Ketimun diiris-iris kemudian airnya dipergunakan untuk membasuh muka sehingga akan menjadi segar.
2. Menghilangkan noda-noda hitam pada wajah dengan Kunyit
Noda-noda hitam pada wajah mengurangi sedapnya penampilan kita. Ada cara tradisional untuk menghilangkannya, yakni dengan memanfaatkan kunyit. Caranya, ambil kunyit secukupnya. Cuci bersih lalu iris tipis-tipis. Jemurlah irisan itu dibawah terik matahari hingga kering. Jika akan kira manfaatkan, ambil sebagian dan seduh dengan air panas sebanyak 1/4 gelas. Biarkan menjadi dingin, lalu minumlah. Lakukan berturut-turut hingga noda-noda di wajah Anda hilang dan bersih.
3. Menjaga kesegaran wajah dengan Sari Daun Bayam
Ternyata selain berkhasiat menguatkan kulit wajah, sari daun bayam segar juga berkhasiat menjaga kesegaran kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat. Bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan mengoleskan sari daun bayam segar yang dicampur sedikit kunyit pada kulit wajah.
4. Menyegarkan wajah berminyak dengan Belimbing
Tahukah Anda, bahwa kandungan vitamin C dan A yang terdapat dalam buah belimbing, cukup efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah, menyegarkan dan menyejukan wajah. Kandungan mineralnya membantu mengurangi kelelahan kulit, menjadikan wajah tampak segar berseri. Bagaimana caranya? Caranya: cuci bersih buah belimbing, lalu potong tipis- tipis. Tempelkan pada bagian kulit yang banyak mengeluarkan minyak dan diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kini Anda bisa tampil dengan wajah segar dan bebas minyak. Selamat mencoba.
5. Mengatasi jerawat dengan menggunakan Air Kelapa
Ambil 1/2 gelas air kelapa. Tambahkan 30 gr kunyit dan 3 sendok teh. Kupas kunyit, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, campurkan kedalam air kelapa. Aduk sampai rata, biarkan selama 1 malam. Kemudian masukkan teh ke dalam ramuan, aduk sampai rata. Simpan lagi ramuan ini selama 3 hari. Setelah itu disaring. Gunakan airnya untuk mengobati jerawat 2x sehari.

Vitamin Penghilang Jerawat

Diet dengan jerawat memang memiliki kaitan yang cukup erat dalanm menunjang kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit wajah. Diet menerapkan diri kita sendiri untuk mengatur pola makan yang baik, mengendalikan diri dari nafsu makan yang berlebih, membantu mengatur diri agar pintar dalam memilih jenis makanan yang tidak mengandung lemak jenuh, gula dan makanan yang tinggi dengan karbohidrat. Diet juga membantu tubuh untuk mendapatkan asupan gizi, protein, karbohidrat serta energi lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh dengan takaran yang tepat serta membantu menjaga kelangsungan hidup lapisan-lapisan kulit bagian dalam atau bagian luar wajah sekalipun. Vitamin juga sangat penting untuk mengatasi jerawat, mengurangi jerawat dengan cara menyeimbangkan tubuh agar tidak kekurangan vitamin dan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dari bekas, noda atau flek jerawat, serta memberi nutrisi pada kulit wajah.
Berikut ini ada beberapa macam vitamin yang dapat digunakan untuk melindungi, mencegah dan memperbaiki keadaan atau kondisi kulit wajah serta menghilangkan bekas jerawat, vitamin-vitamin tersebut adalah :
1. Vitamin A
Vitamin A yang banyak terdapat pada buah tomat, wortel, labu, mangga, sayur bayam, buah blewah dsb. Vitamin A yang memiliki manfaat melindungi jaringan kulit, mengurangi produksi sebum, memperbaiki struktur kulit serta mempertahankan kelembaban kulit agar senantiasa terlihat sehat.
Namun peringatan bagi wanita yang sedang mengandung ( hamil ) tidak disarankan mengkonsumsi vitamin A yang berasal dari buah dan sayur secara berlebihan, karena mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan akan menjadikan racun dan membahayakan kondisi bagi janin atau bayi Anda.
2. Vitamin B5
Vitamin B5 jika dikonsumsi secara teratur secara langsung memang bermanfaat untuk mengatasi jerawat, mengurangi rasa stress, rasa cemas yang berlebihan, serta memperbaiki fungsi kerja dari kelenjar adrenalin. Vitamin B5 mudah didapat dari jenis makanan seperti kuning telur, daging sapi, brokoli hijau atau putih, kubis atau kol, gandum dan kacang almond.
3. Vitamin C
Vitamin C yang mengandung Bioflavonoid yang juga mengandung antioksidan didalamnya sangat efektif dalam menghilangkan jerawat, melindungi kulit dari infeksi serta meningkatkan imunitas tubuh. Bioflavonoid juga mengandung kumpulan anti-bakteri yang dapat membantu mengembalikan pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit.
Sebagai pencegahan dan penyembuhan dari wajah yang berjerawat, Anda dapat mengkonsumsi 1.000-1.600 mg vitamin C setiap harinya, tentunya di imbangi dengan konsumsi air mineral secara teratur. Vitamin C mudah sekali didapat dari brokoli, cabai merah dan hijau, buah strawberry, jeruk, dan kiwi.
4. Vitamin E
Vitamin E biasanya didapat dalam bentuk suplemen untuk mengatasi jerawat. Vitamin E ini sangat baik untuk merawat kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, pancaran sinar UV dan menyembuhkan jerawat, serta membantu menjaga kulit agar tetap lembab dan bersinar. Untuk mengobati wajah berjerawat, Anda dapat mengkonsumsi vitamin E sebanyak 440 IU atau dengan menambah asupan makanan dari gandum, ubi jalar, mayones, dan kacang-kacangan.
5. Kromium
Kromium hanya didapat dalam bentuk suplemen yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan resep dokter atau membeli langsung pada apotik. Kromium berfungsi sebagai pencegahan dan mengurangi infeksi pada kulit serta mengurangi jerawat, dengan mengkonsumsi 150 mcg per hari. Selain itu jika Anda sedang melakukan diet yang kaya akan gula, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen kromium untuk menekan asupan gula berlebih dalam program diet sehat Anda.
6. Seng
Seng dapat memperbaiki jaringan kulit dan mencegah bekas luka. Mineral yang terdapat dalam seng ini berfungsi untuk mengatur kelenjar minyak, memulihkan luka dan mencegah wajah dari radikal bebas. Untuk merawat dan membersihkan wajah dari jerawat, Anda dapat mengkombinasikan dengan mengkonsumsi 25-30 mg per hari.
Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen berupa pil multivitamin yang padat atau bentuk cair. Namun alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit agar mendapat petunjuk obat yang cocok dengan jenis kulit dan menentukan dosis yang tepat. Karenanya mengkonsumsi vitamin secara berlebihan akan membuat racun dalam tubuh.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan salah satu gangguan penyakit kulit yang sangat meresahkan khususnya mereka yang masih berusia belia atau remaja hingga remaja dewasa. Di masa puber jerawat akan mudah timbul disekitar pipi, dahi, hidung, bahkan dapat tumbuh ke seluruh wilayah bagian muka, dada dan punggung. Biasanya jerawat yang melanda hingga seluruh bagian wajah disebabkan karena alergi terhadap suatu makanan, hormon yang berlebihan, wajah yang berminyak dan kulit wajah yang sensitif.
Jerawat dapat berakibat pada penampilan yang buruk, memperkecil rasa percaya diri, perasaan agak minder dari pergaulan bersama rekan-rekan yang ada di sekitar Anda. Banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat mudah saja timbul selain dari penyebab yang telah disebutkan diatas tadi, misalnya penyebab jerawat adalah kebiasaan buruk terhadap keinginan akan nafsu makan yang tidak terkendali, melupakan pantangan terhadap suatu jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena menyebabkan alergi, polusi udara, debu, asap, kurangnya perhatian terhadap kebersihan wajah dan banyak lagi penyebab lainnya.
Banyak cara untuk menghilangkan jerawat misalnya dengan menggunakan bahan ramuan dari rempah-rempah atau bahan herbal tradisional, bahkan ada pula beberapa diantara kita yang mengalami atau memiliki jerawat yang membandel dengan berkonsulatasi pada dokter spesialis kulit yang kemudian disarankan dengan mengkonsumsi obat-obat atau salep medis dari spesialis dokter kulit yang Anda percaya. Obat-obat medis juga dapat membantu, namun terkadang hanya bersifat sementara, bila tidak mengkonsumsi obat atau salep penghilang jerawat dari dokter atau melakukan pengobatan kembali, maka jerawat akan mudah timbul kembali. Tak ada salahnya untuk mengatasi bekas jerawat menggunakan cara alami, meski membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasil yang dicapai cukup memuaskan dan tanpa efek samping.
Berikut ini adalah Tips umum yang dapat dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat, diantaranya adalah :
1. Membersihkan wajah
Membersihkan wajah merupakan langkah awal yang wajib dilakukan. Guna mencegah dan melindungi wajah dari bekas atau sisa-sisa make-up, selepas dari perjalanan karena polusi udara dan setelah melakukan aktivitas lainnya di luar ruangan. Dahulukan mencuci tangan Anda sebelum menyentuh wajah dan gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah Anda.
2. Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan gula
Mengurangi atau bila perlu menghindari kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan gula. Karena makanan tersebut akan mudah sekali diserap oleh tubuh dan mengendap dalam darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh tidak berjalan lancar, termasuk aliran darah  ke wajah. Lemak dan gula yang berlebihan dan kemudian mengendap dalam darah akan diubah menjadi darah kotor sehingga akan terjadi pembuangan darah kotor lewat timbulnya jerawat di wajah. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak dan gula, seperti soft drink, coklat, makanan pedas, makanan bersantan, kacang-kacangan, gorengan dsb. Banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin A, C dan E serta yang mengandung antioksidan yang terdapat pada buah apel, daun kemangi, daun seledri, tomat, alpukat, buah dan sayuran lainnya.
3. Rajin berolahraga
Olahraga pada hakikatnya selain dapat menyehatkan tubuh. Olahraga juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, kotoran dan sisa-sisa pembakaran metabolisme yang tidak bermanfaat untuk tubuh serta proses detoxitasi berjalan lancar. Sehingga darah-darah kotor dalam tubuh keluar bersama dengan keringat.
4. Perbanyak minum air putih
Selain berolahraga dan bila di imbangi dengan menyeimbangkan konsumsi air putih minimal 8-10 gelas atau setara dengan 1,5 – 2 liter per hari bahkan lebih tergantung dari kebutuhan akan cairan dalam tubuh. Jerawat akan berangsur-angsur menghilang dan membuat wajah sehat berseri alami dan tampak terlihat segar.
5. Menghindari stress
Faktor psikologis seperti stress akan memicu timbulnya jerawat dengan mudah. Untuk itu senantiasa Anda untuk selalu menjaga dan mengatur perasaan atau mood Anda dari suasana hati Anda. Cobalah untuk menikmati hidup apa adanya, hibur lah hati Anda dan mereflesikan diri dan pikiran Anda sejenak dari rutinitas dan kepenatan.
6. Membuat masker alami untuk wajah
Selain wajah harus senantiasa dibersihkan dan dirawat. Anda dapat membuat masker wajah dari bahan alami yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan atau buah-buahan yang dapat diolah sendiri atau dengan membeli masker wajah yang praktis. Untuk mengolah atau membuat masker wajah dengan tangan sendiri, Anda dapat membuatnya dari buah tomat, buah pepaya, buah alpukat, buah mentimun dan buah lainnya. Dengan cara dilumatkan atau dihaluskan kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah sampai leher bila perlu. Untuk hasil yang optimal lakukan pada malam hari sebelum tidur kira-kira 15-30 menit per hari. Masker dari buah-buahan juga dapat memberi manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, mencegah wajah kusam, timbulnya komedo dan membantu memberi vitamin pada lapisan kulit wajah agar terlihat lebih segar, berseri alami.
7. Jangan memencet jerawat
Jangan pernah memencet jerawat, karena hanya akan membuat permukaan kulit yang berjerawat bertambah lebar dan timbul bekas jerawat yang menghitam. Selain itu membuat wajah terlihat seperti bopeng, membuat tekstur atau kulit wajah menjadi kasar.
Advertise Here
www.ficripebriyana.com
300x250

0 Komentar Untuk "Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam"

Terimakasih atas komentar Anda di "Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam"